Selasa, 05 Maret 2013

cara mengubah HP Nokia 5300 menjadi modem


Sebelum menjadikan Handphone sebagai modem untuk akses internet, hal pertama yang harus diperhatikan adalah GPRS pada kartu kamu harus sudah aktif. Untuk mengaktifkannya, kamu bisa lihat caranya di buku petunjuk pada paket pembelian kartu perdana atau klik disini Setelah GPRS di kartu kamu aktif, ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut :
1. Hubungkan handphone anda dengan computer, Hubungan handphone dan komputer dapat dilakukan melalui kabel data, infrared atau Bluetooth (pilih salah satu saja). Sebagai contoh saya menggunakan nokia 5300 dengan kabel data sebagai media penghubung ke komputer.
2. Install PC Suite, Install software PC Suite di laptop atau komputer yang hendak dihubungkan dengan handphone. Bila tidak punya software tersebut bisa download di Nokia , cari apakah handphone anda support PC Suite. PC Suite mensupport beragam jenis koneksi. Kabel, bluetooth, infrared dll.
3. Cek Modem (sudah terinstal/belum), Jika PC Suite sudah terinstal, pastikan bahwa handphone Kamu sudah terdeteksi dengan baik oleh PC Suite. Cara mengecek apakah handphone sudah terdekteksi adalah:
Klik kanan My Computer
Klik Properties
Klik Hardware
Pilih Device Manager
Klik kanan Modem yang terdeteksi, karena saya menggunakan Nokia 5300 yang terdeteksi adalah modem “Nokia GSM Phone USB Modem”, Kemudian
Klik Properties
Klik Diagnotics
Klik Query Modem

4. Setelah handphone Kamu terdeteksi sebagai modem selanjutnya adalah setting dial up connection. Ikuti langkah- langkah berikut ini:
Klik Start => Accessories => Communicatins
Klik Network Connections
Klik Creat a new connections akan tampil “Connections Wizard”, kemudian klik Next
Pilih Connect to the Internet , kemudian klik Next
Pilih Set up my connection manually kemudian klik Next
Pilih Connect using a dial-up modem kemudian klik Next
ISP Name (diisi apa saja misalnya “M3-GPRS”/nama Kamu juga bisa), Kemudian klik Next
Isi Phone Number dengan : *99 ***1# (untuk Operator GSM) atau #777 (untuk perator CDMA), kemudian klik Next
Isi User Name (ex: gprs ), Password dan Confirm Password (ex: im3 )

Kalau anda mau menjadikan koneksi ini sebagai koneksi utama silahkan berikan tanda chek untuk ” Make this the default internet connection “. Kalau Kamu sering gonta-ganti koneksi jangan chek pilihan ini. Kalau Kamu tidak mau repot mencari link untuk dial-up berikan tanda check ” Add a shortcut to this connection to my desktop “, kemudian Klik Finish Apabila Kamu memiliki analog modem (dial up modem untuk dial menggunakan jalur telpon biasa) Kamu mungkin harus memilih modem mana yang harus dipakai. Untuk itu ikuti langkah berikut ini.
Klik Start => Control Panel => Network Connections, kemudian
Klik kanan Nama Dial-up yang kamu namai pada ISP Name
Klik Properties Pada menu Connect Using: silahkan kamu pilih modem handphone kamu.
Klik OK

5. Yang terakhir adalah menambahkan parameter ke modem dengan Langkah- langkah sebagai berikut:
Klik kanan My Computer
Klik Properties
Klik Hardware
Pilih Device Manager
Klik kanan Modem yang terdeteksi, karena saya menggunakan Nokia 5300 yang terdeteksi adalah modem “Nokia GSM Phone USB Modem”, Kemudian
Klik Properties
Klik Advance
Di Extra Setting masukan kode: at cgdcont=1 ,”IP”,”www.indosat-m3 .net” (jika anda menggunakan selain IM3, ganti “www.indosat-m3.net” sesuai dengan operator yang Kamu gunakan).
Terakhir klik OK

Setelah semua langkah-langkah diatas kamu lakukan dengan benar, Kamu tinggal double klik Icon Shortcut di desktop anda untuk memulai (biasanya kamu hanya diminta untuk memasukan password saja) setelah itu tekan DIAL. Proses dial berjalan, maka akan muncul:
“verifiying user name and password..registering your computer to the network”


Tidak ada komentar:

Posting Komentar