assalamu'alaikum semua ... :)
saya akan membagikan kisi-kisi UN SMP mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. simak ya teman-teman :)
Kisi Kisi UN Bahasa Indonesia
SMP / MTs 2013
Kompetensi
|
Membaca dan memahami berbagai teks
nonsastra (biografi, artikel, berita, iklan, tabel/diagram, bagan, grafik,
peta, denah), berbagai karya sastra (puisi, antologi puisi, cerpen, buku
kumpulan cerpen, cerita anak, buku cerita anak, novel remaja, novel angkatan
20 – 30-an, dan drama).
|
Issndikator
|
- Mengidentifikasi isi dan
bagian suatu teks.
- Menentukan persamaan isi
berita.
- Menentukan perbedaan
penyajian berita.
- Mengidentifikasi isi teks
biografi/iklan.
- Menentukan kalimat
fakta/opini dalam teks iklan.
- Menyimpulkan isi paragraf.
- Mengidentifikasi isi grafik,
tabel, bagan, denah.
- Mengidentifikasi unsur
intrinsik puisi.
- Mengidentifikasi unsur
intrinsik cerita pendek/cerita anak.
- Mengidentifikasi perbedaan
karakteristik dua novel.
- Mengidentifikasi unsur
intrinsik drama.
|
Kompetensi
|
Menulis dan menyunting teks
nonsastra dengan menggunakan kosakata yang bervariasi dan efektif dalam
bentuk buku harian, surat pribadi, surat dinas, narasi dan pesan singkat,
laporan, pengumuman, petunjuk, rangkuman, teks berita, slogan/ poster, iklan,
resensi dan karangan, surat pembaca, teks pidato, dan karya ilmiah; menulis
teks sastra dalam bentuk puisi, pantun, dongeng, cerpen, dan drama.
|
Indikator
|
- Menulis catatan pengalaman
pada buku harian.
- Menulis pesan singkat sesuai
konteks.
- Menulis laporan/pengumuman/resensi.
- Melengkapi surat
pribadi/surat dinas/surat pembaca.
- Menulis rangkuman.
- Menulis teks berita sesuai
konteks.
- Menulis slogan sesuai
konteks.
- Menulis iklan sesuai konteks.
- Menyusun petunjuk melakukan
sesuatu.
- Menulis teks pidato.
- Menulis rumusan masalah karya
ilmiah/saran karya ilmiah/daftar pustaka.
- Menyunting kalimat,
ejaan/tanda baca, pilihan kata.
- Melengkapi pantun.
- Melengkapi puisi
- Melengkapi naskah drama.
|
Kisi Kisi UN Bahasa Inggris SMP / MTs 2013
Kompetensi |
READING (Membaca) Memahami makna dalam wacana tertulis pendek baik
teks fungsional maupun esai sederhana berbentuk deskriptif (descriptive,
procedure,
maupun report) dan naratif (narrative dan recount) dalam konteks kehidupan sehari-hari. |
Indikator |
- Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraph atau informasi
tertentu/informasi rinci/informasi tersirat atau rujukan kata atau makna
kata/frasa atau tujuan komunikatif dalam teks fungsional pendek
berbentuk caution/notice/warning, greeting card, letter/e-mail, short
message, advertisement, announcement, invitation, schedule.
- Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraph atau informasi
tertentu/informasi rinci/informasi tersirat atau rujukan kata atau makna
kata/frasa atau tujuan komunikatif dalam teks berbentuk procedure.
- Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraph atau informasi
tertentu/informasi rinci/informasi tersirat atau rujukan kata atau makna
kata/frasa atau tujuan komunikatif dalam teks berbentuk descriptive.
- Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraph atau informasi
tertentu/informasi rinci/informasi tersirat atau rujukan kata atau makna
kata/frasa atau pesan moral/tujuan komunikatif dalam teks berbentuk
narrative.
- Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraph atau informasi
tertentu/informasi rinci/informasi tersirat atau rujukan kata atau makna
kata/frasa atau tujuan komunikatif dalam teks berbentuk recount.
- Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraph atau informasi
tertentu/informasi rinci/informasi tersirat atau rujukan kata atau makna
kata/frasa atau tujuan komunikatif dalam teks berbentuk report.
|
Kompetensi |
WRITING (Menulis). Mengungkapkan makna secara tertulis teks
fungsional pendek dan esai sederhana berbentuk deskriptif (descriptive,
procedure, maupun report) dan naratif (narrative dan
recount) dalam konteks kehidupan sehari-hari. |
Indikator |
- Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks rumpang bentuk recount/narrative sederhana.
- Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks rumpang bentuk descriptive/procedure sederhana.
- Menentukan susunan kata yang tepat untuk membuat kalimat yang bermakna.
- Menentukan susunan kalimat yang tepat untuk membuat paragraf yang padu dan bermakna.
|
mungkin ini yang dapat saya bagikan. semoga bermanfaat
wassalamu'alaikum ...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar